Friday 12 April 2013

TEHNIK PENGEREMAN YANG BENAR SAAT MEMAKAI MOTOR


Teknik pengereman adalah hal utama yang perlu Anda kuasai ketika Anda memutuskan untuk mengendari sepeda motor :
  1. Jangan menekan/menginjak tuas rem terlalu keras secara mendadak pada saat laju kendaraan sedang tinggi. Hal itu akan menyebabkan roda kendaraan slip sehingga laju motor menjadi tidak terkendali.
  2. Semakin pendek jarak pengereman akan semakin baik karena semakin jauh resiko kita terhadap kemungkinan terjadinya benturan.
  3. Rem yang paling efektif untuk menghentikan laju motor adalah rem depan, sementara rem belakang digunakan sebagai penyeimbang.
  4. Teknik pengereman yang benar adalah dengan menggunakan kedua rem, depan dan belakang. Tapi teknik ini memerlukan latihan yang cukup rutin.
  5. Dalam latihan, cobalah untuk melaju dengan kecepatan tertentu. Untuk awal, 40 km/jam cukup untuk membantu melatih teknik dasar pengereman.
  6. Pada saat mengerem, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan putaran gas. Lalu tarik tuas rem depan dengan cara diremas. Pada saat yang bersamaan juga kaki menginjak rem belakang sebagai penyeimbang.
  7. Pastikan keadaan sepeda motor tegak sehingga resiko tergelincir bisa diminimalisir.
  8. Perlu diingat bahwa jangan memaksakan diri untuk menggunakan rem depan sekuat-kuatnya dalam awal awal latihan. Feeling dalam meremas tuas rem dengan optimal hanya bisa diperoleh lewat latihan yang berulang-ulang.

5 comments:

  1. Iya, sampai sekarang juga masih banyak yang terlalu mengandalkan rem depan untuk mengerem.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/11/17/safety-riding-mengerem-mendadak-mengandalkan-rem-depan-itu-sangat-berbahaya-ngerem-tidak-bisa-pakai-angka-rasio/

    ReplyDelete