Monday, 15 April 2013

ALASAN MENYALAKAN LAMPU PADA SIANG HARI BAGI SEPEDA MOTOR


Setelah kewajiban menyalakan lampu disiang hari bagi sepeda motor diumumkan oleh Polri, ternyata masih saja banyak orang yang belum paham keuntungan dari menyalakan motor di siang hari. Tidak sedikit pengendara motor yang cenderung kontra dengan aturan menyalakan lampu bagi sepeda motor di siang hari. Sebagian ada yang berpendapat menyalakan lampu siang hari adalah pemborosanlah, alasan global warminglah, kebodohan-lah, bahkan ada yang menuding Pak Polisi membuat aturan ini untuk ‘mencari uang’ semata. Dan banyak lagi penolakan penolakan lain yang terkadang terlalu konyol untuk di pahami alasannya.
baca selanjutnya
Namun, apapun alasan untuk tidak menyalakan lampu, tetap saja, keuntungan menyalakan lampu disiang hari lebih banyak ketimbang kerugiannya. Salah satunya keselamatan diri kita sendiri. Menyalakan lampu akan membuat kehadiran kita mudah di lihat oleh pengendara lain. Memang, jika tanpa menyalakan lampu-pun kita masih bisa terlihat, namun dengan lampu menyala, pengendara lain hanya membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk melihat kehadiran anda.
Saat siang hari yang sangat terang, membuat mata kita seakan terbiasa melihat benda-benda sekitar (jalanan, trotoar, pohon, dsb). Ketika kita melihat ada kilasan atau sinar cahaya pada saat seperti itu, membuat perhatian kita mengarah ke cahaya tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa  meyalakan lampu pada siang hari perlu dilaksanakan.
Refleks saat mengemudi dari apa yang kita lihat, menentukan seberapa cepat respon kita saat melaju dalam kecepatan tertentu. Semakin cepat kendaraan kita melaju, maka jarak pandang yang dapat segera ditangkap mata untuk melakukan reaksi adalah seperti dalam tabel di bawah ini :
Dalam tabel di atas terbaca bahwa saat akan menyusul di kecepatan60km/jam mata kita harus dapat melihat benda / kendaraan dengan jarak 220meter di depan kita… Lebih dekat dari itu, respon kita akan lambat mencerna benda apakah itu dalam kecepatan 60km/jam tersebut.
Lalu apa keuntungan sepeda motor menyalakan lampu bagi pengendara mobil?
Semua pasti tahu, motor bukanlah benda yang besar. Cukup gampang untuk melihat hampir seluruh bagian motor, tertutama spion. Pengendara motor cukup melirik spion saja untuk bisa melihat keberadaan pengendara lain di belakangnya. Berbeda dengan pengendara mobil. Untuk melihat spion terjauh, pengendara mobil membutuhkan ‘sedikit’ tolehan kepala. Yang artinya membutuhkan waktu lebih lama ketimbang melihat spion motor. Maka dari itu, dengan adanya cahaya lampu motor, waktu pengendara mobil sudah terpangkas sepersekian detik untuk memastikan keberadaan objek dibelakangnya. Lagi pula, motor adalah objek yang cepat sekali berpindah. Dibutuhkan kecekatan untuk mendeteksi keberadaan motor. Salah satunya terbantu oleh bias lampu motor
Jika dibantu dengan MENGHIDUPKAN LAMPU PADA SIANG HARI, maka akan sangat membantu kita melihat dari jauh kendaraan (sepeda motor) yang datangdari arah depan atau samping, juga belakang (melalui kaca spion).
Aturan menyalakan lampu adalah aturan tak berdasar
Aturan ini yang tak jelas atau anda yang sok pintar? Tidak sedikit dari pengendara motor merasa aturan ini dibuat-buat. Sebagian dari mereka merasa aturan ini tidak terbukti dan tidak berdasar. Dan banyak juga yang bilang aturan ini keluar tanpa uji coba.
Untuk di ketahui. Negara negara maju sudah lama menerapkan aturan ini. Dan aturan ini terbukti ampuh untuk membantu pengendara mobil mendeteksi keberadaan motor yang sangat mudah bemanuver. Karena pada dasarnya mereka tahu bahwa mobil dengan daya pandang terbatas dan motor dengan kelincahan bermanuver adalah hal yang harus di perhatikan. Bahkan di beberapa negara besar sudah ada kampanye keselamatan berkendara yang ditujukan kepada pengemudi mobil agar lebih memperhatikan keberadaan motor. Dan Pengendara motor juga sering di ingatkan akan keterbatasan daya pandang mobil.
KESIMPULAN
  1. Program menyalakan lampu utama pada siang hari ( light on )  sangat baik untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.
  2. Sosialisasi manfaat Light On bagi pengendara perlu terus dijalankan khususnya yang menyangkut keselamatan.
  3. Penerapan SAFETY/Keselamatan tidak mengenal geografis, budaya, dsb.
  4. Jika program Light On berhasil, maka motor tanpa lampu di malam hari akan semakin sedikit atau bahkan tidak ada lagi
Memang pada dasarnya aturan ini bukan untuk membuat kepastian akan keselamatan anda saat mengendarai motor setiap hari. Namun aturan ini dibuat untuk membuat resiko motor tidak terlihat menjadi lebih kecil dan akhirnya diharapkan mampu menekan angka kecelakaan sepeda motor. Sisanya, sudut pandang  kita yang berbicara.
UULAJ No. 22 Thn 2009
Pasal 293 ayat (2) jo Pasal 107 ayat (2) : Pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama pada siang hari didenda dengan denda maksimal Rp 100.000,-

40 comments:

  1. saya setuju dengan Mas Brooooowwww.......

    ReplyDelete
  2. Ya Allah, Ya Rasul! Betapa durhakanya mereka yang menyia-nyiakan rahmat Allah di siang hari berupa sinar matahari yang terang benderang, karena masih dirasa kurang, lalu lampu motor harus dinyalakan siang hari. Ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang telah mereka perbuat dengan UU UULAJ No. 22 Tahun 2009. Ternyata tarif/harga penerangan lampu motor di siang hari sebesar Rp 100.000,-, yaitu denda maksimal untuk mereka yang tidak menyalakan lampu. Padahal, siang hari, rahmat Allah cuma-cuma alias gratis diberikan kepada para pengemudi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf
      mohon dibaca lebih seksama.
      "Jika dibantu dengan MENGHIDUPKAN LAMPU PADA SIANG HARI, maka akan sangat membantu kita melihat dari jauh kendaraan (sepeda motor) yang datang dari arah depan atau samping, juga belakang (melalui kaca spion)".
      kita hanya berupaya meningkatkan keselamatan berlalu lintas di jalan raya supaya tidak terjadi laka lantas
      terima kasih bapak

      Delete
    2. ^ dan terjadilah global warmning mau pak

      Delete
    3. dibaca dulu gan.jangan langsung komen.baca dan pahami. :)

      Delete
    4. Paham dehhhhhh, dulu kirain karena ada Alien dari planet lain sekarang ikut tinggal di bumi yang model penglihatanya beda dari kita manusia bumi asli gan huehehehehe
      Faham....faham....

      Delete
    5. tapi kira2 bisa nggak pak polisi bikin peraturan lagi untuk motor yang masuk Indonesia agar kecepatanya gak bisa lebih dari 10 km/jam maksimal, Menurut riset Bapak Prof. Dr. Allon Ae,P.Hd, Kec. Kel.Des. Dus. itu pasti bisa lebih menekan angka Lakalantas Lho, dan angka jambret bermotor juga ikutan turun tuh pasti..sumpah gan..gak bohong ane

      Delete
    6. Memang terbantu, dan yang di untungkan hanya pengendara mobil, dan pengusaha lampu khusus motor...
      mari di simak lagi keburukannya...
      global warming, aki lebih cepat masa habisnya, lampu sering ganti, yang biasanya bisa sampe 5 tahun, jadi tiap 6 bulan ganti lampu utama, menambah2 denda bagi pemotor. jelas sekali pemotor dirugikan. yang paling jelas = PEMBOROSAN.

      Delete
  3. pak mau tanya ne kalo masalah tilang itu gimana y? kok tadi ditilang tpi gak ada surat perintah. .malah mau mintak denda sampe 500rb? mohon penjelasannya biar tau kalo ketumu oknum seperti itu. lokasi saya palembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin 500 ribu itu penjelasan untuk denda maksimal dan untuk jumlah denda yang menentukan adalah dari Pengadilan Negeri.
      untuk penindakan dengan tilang tidak memerlukan surat perintah, apabila petugas melihat pelanggaran lalu lintas, petugas bisa melakukan tindakan dengan tilang.
      terima kasih infonya :)

      Delete
    2. emang gak ada cara lain apa selain tilang nya pake duit
      banyak rakyat miskin pak di negeri kita ini

      Delete
    3. ya kamu jangan nyogok polisi..., polisi kebanyakkan gak minta, cm masyarakatny kbnyakkan yg nyogok pake bilang damai aja deh pak...dibantu donk pak....kucing dikasih ikan ya gak nolak lah gan...heheheeh

      Delete
    4. ya kamu jangan nyogok polisi..., polisi kebanyakkan gak minta, cm masyarakatny kbnyakkan yg nyogok pake bilang damai aja deh pak...dibantu donk pak....kucing dikasih ikan ya gak nolak lah gan...heheheeh

      Delete
  4. bukankah jika pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari malah membuat pengendara lain merasa silau dan tidak dapat berkonsentrasi pada jalan di depannya, mohon lebih di perjelas fungsi dari UU UULAJ No. 22 Tahun 2009 karena menurut saya hal tersebut kurang bermanfaat bagi pengendara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah anda juga pengendara roda empat, kalau ya bukan kah itu cukup membantu. kalau anda hanya berkendara roda dua, mungkin anda tidak merasakan manfaatnya,coba anda sekali kali merasakan berkendara roda empat. pasti anda merasakan manfaatnya

      Delete
  5. cuma 1 aja tuh manfaatnya?? katanya banyak om... lebih banyak manfaat kalo kendaraan mematikan lampunya di siang hari, iya kalo satu kendaraan, kalo ada 1.000.000 kendaraan yg matiin lampu? berapa panas yg berkurang???
    oke kalau alasannya cahaya lampu agar terlihat di spion... tapi bukankah ketika kendaraan akan berbelok itu memang diharuskan terlebih dahulu melihat spion, jadi tanpa ada lampu pun harusnya bisa ngeliat ada objek (kendaraan) lain di spionnya, ditambah lagi harus menghidupkan lampu sein agar kendaraan yg dibelakang melihat posisi kita yg akan berbelok... saya rasa laka yang terjadi itu kebanyakan karena kelalaian pengendaranya bukan karena hidupnya lampu atau tidak... liat aja data kecelakaan disini http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=17&notab=14 toh tiap tahun bertambah. menurut saya lebih penting meningkatkan kualitas pengendaranya daripada nambah aturan-aturan yang mohon maaf menurut saya useless... sebenernya panjang lebar juga saya comment kayak gini tetep ga ada gunanya, karena aturan ini tetep berlaku, tapi setidaknya saya udah ngasi pandangan tentang peraturan ini yg menurut saya lebih banyak buruknya ketimbang baiknya, malah benar, bisa dijadikan sebagian oknum anggota kepolisian yg nakal buat jadiin bahan tilangan... Terima Kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fungsinya satu.. kayak nyawa yang juga satu.

      Delete
  6. udh hancur negara ni...g da betulll ny..makasi

    ReplyDelete
  7. udh hancur negara ni...g da betulll ny..makasi

    ReplyDelete
  8. Kalo udah jadi sopir bus,truck,pick up,,yang sehari2nya idup dijalan baru tau,,pentingnya nyalakan lampu disiang hari,,

    ReplyDelete
  9. Apakah sdh ada kajian ilmiah kalo menyalakan lampu siang hari bisa mengurangi angka krcelakaan?


    ReplyDelete
  10. penggunaan lampu utama dalam Pasal 107 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”) berikut:

    (1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.

    (2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.


    Kemudian, menurut penjelasan Pasal 107 ayat (1) UU LLAJ, yang dimaksud dengan "kondisi tertentu" adalah kondisi jarak pandang terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan, dan kabut.


    Dari bunyi pasal di atas dapat diketahui bahwa tidak semua kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu kendaraannya di siang hari, atau yang lebih dikenal dengan istilah Daytime Running Lights (“DRL”). Kewajiban menyalakan lampu utama pada siang hari itu terletak pada pengemudi sepeda motor saja. Akan tetapi, kewajiban menyalakan lampu utama kendaraan ada pada setiap pengemudi kendaraan bermotor di siang hari jika pada siang hari tersebut cuaca gelap, hujan lebat, saat menyusuri terowongan, atau berkabut. Selain mematuhi ketentuan tersebut, khusus untuk pengemudi sepeda motor, wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

    iyakah? mohon jawabannya?

    ReplyDelete
  11. Izin Copy untuk blog saya Pak.. Makasih

    ReplyDelete
  12. Mohon tanya, lampu saya waktu berangkat posisi menyala, pas ditengah jalan tanpa sadar bohlam putus maklum biasanya kalau panas panas siang hari cepat putus, apakah pasti ditilang juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nih mohon penjelasannya barusan jg ane kena tilang dgn kasus yg sama kaya gt... trus anehnya polisi nya minta uang denda di tempat dgn alasan biar hemat waktu ga usah jauh2 bayar ke kantor polisi

      Delete
  13. udah sepeda motor ditiadakan pakai sepeda saja kalau jauh pakai mobil tapi jika itu menyengsarakan rakyat miskin kenapa sepeda motornya gk dijual trus dibeli sepeda

    ReplyDelete
  14. Sudah banyak sy menghabiskan lampu motor selama 1 tahun 6x .harga perlampu 45 rb , skr lampu yg ke 7, jangan aja motor , klo bs mobil juga diwajibkan menyalakan lampu biar sama 2 rata merasakannya , terima kasih

    ReplyDelete
  15. GA GUNA NIH. DUIT ABIS BUAT BELI LAMPU.UD BERAPA KALI GUE BELI LAMPU TAHUN INI..
    AKI CEPET ABIS PULA. GUNA. ASLIII..HRS REVISI UU NYA. MENYALAKAN LAMPU DISIANG HARI DENGAN KONDISI TERTENTU AJA

    ReplyDelete
  16. Nih ya bapak, ibu, mas, Mba hasil penelitian pribadi secara fisika, kimia, ekonomi, dan pengalaman pribadi yg menulis. Semoga bermanfaat dan tidak malas membaca:
    http://m.kaskus.co.id/thread/522df8521cd719e560000009/ini-alasan-kenapa-menyalakan-lampu-kendaraan-siang-hari--fisika/

    ReplyDelete
  17. menurut saya tidak masuk akal peraturan menyalakan lampu disiang hari terlalu mendiskiminasikan sepeda motor.jika memang peraturan lalulintas untuk menekan tingkat kecelakaan kenapa tidak diterapkan juga terhadap kendaraan beroda 4 padahal mereka juga memakai jalan yang sama dengan kendaraan roda 2

    ReplyDelete
  18. Sudah 2 kali saya ditilang karna bohlam lampu terputus ditengah jalan. MOHON SOLUSI dari pihak polisi. Kalo bohlam putus tiba tiba. Ya kena tilang teruslah saya. Apakah sewaktu huat peraturan , tidak mikir kesitu??????

    ReplyDelete
  19. Hari ini saya kena tilang lagi gara gara bohlam lampu putus ditengah jalan, pada pagi hari. Kalo bola lampu mati tiba tiba dipagi atau siang hari, kita mana bisa tahu. Sungguh peraturan sampah yang sangat merugikan pengendara motor.

    ReplyDelete
  20. Ini peraturan merugikan salah satu pihak, ngk fair, cuman mentingin yang roda 4 doank.

    ReplyDelete
  21. apa ketika kita lupa menyalakan lampu siang harus langsung tilang?ga ada peringatan dulu gitu?langsung tilang dan harus bayar?boleh saja tapi kalo lupa jangan denda pak ingetin dulu aja karena orang ada lupa nya asal jangan sering lupa. itu saja dari saya yang pernah ditilang dan langsung bayar gara-gara lupa nyalain lampu siang

    ReplyDelete
  22. haha, alesannya gampang. sebelum ada peraturan lampunya nyala berarti 2009 kebawah. polisi tuh kalau menilang harus ngejar ngejar si pemotor yang nglanggar lampu merah. sekarang tinggal santai berdiri di pos atau belokan yang adem di pinggir jalan. ada pemotor yang ga nyalain, priitt. tilang. gak usah berkeringat kayak dulu. udah gak jaman ambil bola, waktunya polisi jemput bola.

    ReplyDelete
  23. Lampu adalah elektrik jadi gak bisa diprediksi kapan putusnya. Kalo Siang hari gimana kita bisa tau lampu nyala atau tidak. Peraturan ini jelas merugikan Dan lebih banyak ruginya daripada untungnya. Denda yg besar juga jadi masalah Dan dijadikan ladang uang untuk aparat

    ReplyDelete
  24. hal yang sangat bodoh adalah saat anda menyalakan lampu disiang hari yang terang...
    saat kecil anda diajarkan untuk hemat
    energi
    menyalakan lampu disiang hari untuk membatu pengguna mobil mengetahui keberadaan anda? makanya kaca mobil jangan digelapin,, #penguranganjarakpandang.. TOLOL

    ReplyDelete
  25. Seharusnya implementasi ini dibuat lebih detil. Ada kesalahan pemahaman yang justru bikin program ini membahayakan.

    Kalau di luar negeri, justru disarankan untuk motor itu pakai lampu khusus DRL, dengan warna kuning dan berkedip kedip macam lampu mobil polantas.

    Pakai lampu jauh warna putih itu justru dianggap berbahaya.

    Jadi bila ada yang menilang karena motor tidak menyalakan lampu jauh itu salah.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/10/28/drl-untuk-keselamatan-sebenarnya-tidak-pakai-lampu-dekat-tapi-ada-khusus-dan-pakai-lampu-jauh-sebagai-drl-itu-justru-ngawur-pakai-lampu-depan-led-putih-justru-tidak-aman/

    ReplyDelete
  26. saya pengendara motor banyak yg mengeluh dari coment ini untuk menyalakan lampu motor disiang hari banyak dampak negative yg harus dirasakan yaitu tambah panasnya jalan akibat lampu motor yg selalu menyala kita kn punya matahari yg selalu menerangi dipagi dan siang hari kecuali pada saat hujan dan gelap mungkin harus dinyalakan lampu motornya agar pandangan pengendara juga terlihat ,boros aki dan lampu motor juga banyak yg coment seperti itu..mohon ditiadakan peraturan seperti ini..hargai sesama pengendara dijalan raya

    ReplyDelete