Saturday 13 July 2013

TIPS BERKENDARA DI JALAN YANG BASAH

Curah hujan masih akan terus terjadi di beberapa wilayah Indonesia.  Jalanan yang basah akibat guyuran hujan cenderung lebih licin dan menutupi beberapa jalan yang rusak/berlubang. Jika sebagai pengendara kita  kurang berhati-hati, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami slip atau kehilangan kendali karena melibas jalanan rusak yang tergenang air tersebut.
Walaupun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan resiko mengemudi di jalan yang basah, tapi sangatlah mungkin untuk mengurangi faktor-faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips aman untuk mengurangi resiko mengemudi di jalanan yang basah:
  1. Pastikan Anda tidak mengemudi pada kecepatan tinggi di jalanan yang basah. Jangan pernah memacu kendaraan terlalu cepat, upayakan untuk selalu berada pada kecepatan yang membuat Anda nyaman. Ketika berkendara pada malam hari, jangan lupa untuk selalu menyalakan lampu depan mobil Anda. Hal tersebut bisa memberikan waktu kepada Anda ketika misalnya, ada mobil di depan Anda yang berhenti secara mendadak atau ada sesuatu di jalanan yang perlu Anda hindari. Jika tidak memungkinkan, hindari untuk mendahului mobil di depan Anda.
  2. Selalu perhatikan kondisi ban mobil Anda. Ban yang kempes atau gundul akan mempengaruhi  penanganan kendaraan Anda. Upayakan untuk selalu memeriksa tekanan udara dalam ban secara berkala untuk memastikan keamanan ketika mengemudi.
  3. Upayakan wiper mobil Anda bekerja secara optimal. Jika tidak bekerja dengan baik, segera perbaiki ke bengkel-bengkel terdekat. Pastikan juga untuk selalu memeriksa kondisi wiper blades mobil Anda. Jika wiper mobil Anda sudah tua dan rapuh, retak, atau rusak dengan cara apapun, maka gantilah dengan yang baru agar mampu melihat kondisi jalan lebih optimal ketika hujan.
  4. Ketika mengikuti kendaraan lain dalam lalu lintas, upayakan untuk selalu berada pada garis jejak ban yang ditinggalkan oleh kendaraan di depan Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan traksi yang lebih baik. Selain itu, upayakan untuk selalu menjaga jarak (sekitar 8 detik) dengan mobil di depan Anda. Jika mungkin, hindari kendaraan-kendaraan besar seperti truk atau bus, karena biasanya mereka memiliki penanganan kendaraan yang buruk ketika jalanan basah.
  5. Ketika Anda harus melakukan rem, upayakan untuk tidak menghentak pedal rem mobil Anda. Upayakan untuk melakukan rem secara halus dan perlahan hingga mobil betul-betul berhenti. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa terhindar dari slip ketika berkendara.

2 comments:

  1. polantas ungaran kerap meminta uang damai.. Mohon di tindak lanjuti

    ReplyDelete
  2. MAKASI INFONYA BAPAK
    APABILA BAPAK MELANGGAR LANGSUNG SAJA MINTA TILANG DAN JANGAN MAU KALO DIAJAK DAMAI MAUPUN JANGAN MENGASIH UANG KEPADA PETUGAS.MAKASIH

    ReplyDelete